Kotak Pencarian

[Material] #19 Bahasa Indonesia Video Lesson: Conjunction



Bahasa Indonesia Video Lesson: Conjunction

Conjunction in Bahasa Indonesia means “Kata Sambung” its used to connect words and sentences. Here are some conjunction words and the examples, I am gonna show 15 words that always used:

1) Dan (And) : Saya dan dia pergi ke sekolah (Me and he go to the school)
2) Tapi/Tetapi (But) : Dia pintar, tapi dia malas (He is smart, but he is lazy)
3) Untuk (For) :Saya bekerja untuk mendapatkan uang (I work for getting the money)
4) Atau (Or) : Saya akan memilih sebuah buku atau sebuah pakaian (I will choose a book or a clothes)
5) Supaya (So that/ In order that) : Saya pergi ke sekolah supaya saya bisa belajar (I go to school so that I can learn)
6) Jika (If) : Anda akan mengerti jika anda belajar,  (You will understand If you learn)
7) Karena (Because) : Saya belajar karena saya ingin tau (I learn because I want  to know)
8) Meskipun / walaupun (Although) :Saya suka dia meskipun dia tidak suka saya (I like her although she don’t like me)
9) Sebelum (Before) : Anda harus makan sebelum anda pergi kesekolah (You must eat before you go to the school)
10)Sesudah  (After) : Anda bisa pergi sesudah anda membersihkan rumah (You can go after you clean the house)
11)Hingga / Sehingga (Untill) :Dia makan terlalu banyak sehingga dia menjadi sakit (He eat too much until he get sick)
12) Sejak (Since) : Saya suka menonton kartun sejak saya kecil (I like to watch cartoon since I was child)
13)   Bahkan (Even) : Mereka sering bermain disana, bahkan mereka juga tidur disana (They always play there, even they also sleep there)
14)   Juga (Also / Too)
a)      Saya juga suka menonton film (I also like watching movie)
b)      Apakah anda suka menonton film? Saya juga (Do you like to watch movie?Me too.)
15)   And etc...

So those conjunction maybe aren’t too hard to make it as simple sentence.